Selamat datang di blog saya, mungkin ini postingan yang pertama yang saya tulis di blog ini. semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.
Kali ini saya akan sedikit memberi contoh makalah tentang USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH
(UMKM) DI INDONESIA DAN ANALISIS SWOT PADA USAHA
PETERNAKAN AYAM KAMPUNG.
Ini merupakan mata kuliah Bisnis Di Indonesia pada semester 3.
TUGAS BISNIS DI INDONESIA
USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH
(UMKM) DI INDONESIA
DAN ANALISIS SWOT PADA USAHA
PETERNAKAN AYAM KAMPUNG
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada beberapa
tahun belakangan ini banyak terdapat angkatan kerja baru,dari berbagai lulusan
yang kompetitif mulai dari SMK, D3 dan S1. Mereka berupaya untuk mendapatkan
pekerjaan yang mereka harapkan guna mendapatkan penghasilan. Dengan semakin
berkurangnya kesempatan kerja karena lapangan kerja yang tersedia sedikit maka
diperlukan upaya yang bisa mengatasi keadaan tersebut. Salah satu upaya
tersebut adalah perlu ditingkatkannya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).
Para angkatan kerja baru dapat menjalankan UMKM karena saat ini juga sudah
banyak cara yang dilakukan pemerintah dalam membantu pelaksanaan UMKM, salah
satunya dengan KUR (Kredit Usaha Rakyat). Dengan diterapkannya UMKM dapat
membuka lapangan kerja baru dan tentu saja dapat memajukan perekonomian di
Indonesia kedepan. UMKM merupakan langkah tepat tanpa harus mencari pekerjaan,
selain meninti karir menjadi seorang pengusaha sebuah UMKM juga akan
menciptakan banyak peluang kerja untuk masyarakat sekitar sehingga memperdayakan
masyarakat menuju kesejahteraan. Salah satunya seperti usaha perternakan ayam
kampung, dengan banyaknya
masyarakat yang berminat dengan daging ayam, ini merupakan kesempatan yang
sangat besar untuk perternakan ayam kampung ini. Atas dasar itulah penulis memilih Usaha Mikro Kecil dan Menengah di
Indonesia dengan anlisis SWOT pada usaha peternakan ayam kampung sebagai
judul dalam penulisan makalah ini agar mendorong masyarakat untuk meningkatkan
pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia.
1.2 Rumusan Masalah
a.
Apa macam – macam UMKM yang ada di Indonesia, beserta
ciri-ciri dan contohnya?
b.
Hambatan /
kendala apa saja yang dihadapi dalam menjalankan UMKM (Usaha Mikro Kecil
Menengah)?
c. Bagaimana prospek kedepan dan bagaimana omset dan keuntungan yang di peroleh peternakan ayam
kampung tersebut?
d.
Bagaimana analisis SWOT pada usaha peternakan ayam kampung?
Terima kasih tunggu artikel-artikel berikutnya.
MAKALAH USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA DAN ANALISIS SWOT PADA USAHA PETERNAKAN AYAM KAMPUNG
4/
5
Oleh
Unknown